Laman

Jumat, 27 Juli 2012

Fungsi Sistem Temu Kembali Informasi

Informasi merupakan sebuah sumber daya yang tersedia secara melimpah di era teknologi sekarang ini. Di satu sisi ketersediaan informasi yang melimpah merupakah suatu hal yang bermanfaat. Disini lain, ketersediaan informasi yang melimpah tersebut juga menimbulkan masalah yang dikenal sebagai information overload, yaitu sebuah kondisi dimana terdapat banyak informasi diterima yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Untuk memilah informasi yang dibutuhkan dari sekian banyak informasi yang ada tersebut, diperkenalkan teknik yang dipergunakan sebagai sarana pengambilan informasi.
Saat ini web telah mengubah dunia dengan maraknya jejaring sosial. Internet menjadi bagian penting dari kehidupan umat manusia. Web menyediakan basis data yang sangat luas yang dikumpulkan umat manusia secara kolaboratif. Tiap orang tidak hanya menjadi pengunduh (downloader) informasi saja, tetapi juga menjadi pengunggah (uploader) informasi. Pencarian data di internet terbukti telah menjadi bisnis yang sangat menjanjikan selama lima belas tahun terakhir, ini yang menjadikan google sebagai perusahaan paling atraktif di dunia.

Berbagai perusahaan menjadi besar berkat mesin pencari (search engine) yang sangat membantu proses pencarian informasi secara cepat seperti halnya google atau yahoo. Secara teoritis, pemahaman tentang perangkat (tools) dan metodologi untuk mencari data kemudian mengambil intisarinya untuk tujuan tertentu sangatlah diperlukan. Oleh karena itu, penggalian informasi dari data yang terkumpul tersebut menjadi topik yang sangat populer dan akan mengubah cara manusia mengelola dan menyaring informasi. Selain itu proses otomasi web dan penggunaan data web sangat diperlukan untuk business intellegence.

by. Budi Utomo