Laman

Jumat, 27 Juli 2012

Manfaat Sistem Temu Kembali

Sistem temu kembali informasi dapat dijadikan sebagai portal pencarian informasi baik di lingkungan internal maupun internet, dengan adanya portal yang terdistribusi diharapkan penggunanya dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah. Menurut data survei hampir 90% pengguna internet mencari segala sesuatunya via mesin pencari. Dan dari sekian banyak mesin pencari, Google dan Yahoo adalah search engine yang paling banyak dipakai oleh pengguna internet.
Sistem temu kembali informasi dapat merangking dan merekomendasikan hasil pencarian kedalam daftar peringkat yang sudah tentu membantu pengguna dalam mendapatkan informasi yang relevan dengan “kata kunci” yang dipakai. Selain itu informasi (konten) yang ditampilkan akan mendapatkan jaminan akses, karena menurut survei sebagian pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari hasil pencarian pada mesin pencari.

Sistem temu kembali informasi (berbasis internet) akan memudahkan penggunanya yang berada pada lintas geografis berbeda misalnya perbedaan negara dan benua. Sehingga akses informasi dapat diakses oleh hampir semua orang apalagi jika menyangkut informasi bertaraf global.
Sistem temu kembali informasi dapat dijadikan sebagai media pelancar transaksi bisnis, hal ini dikarenakan pada negara-negara maju, porsi penjualan yang dilakukan melalui internet sudah hampir mencapai 20% dari transaksi tahunan.
Sistem Temu kembali informasi dapat dimanfaatkan oleh “website” dalam rangka memperoleh posisi strategis dalam dunia internet.

by. Budi Utomo